Wednesday, May 11, 2011

Belajar Freelance

Freelance

APA ITU FREELANCER ? Kehidupan sebagai freelancer (pekerja lepas) sangatlah menyenangkan, terutama di bidang multimedia. Freelance adalah suatu kondisi status yang tanpa ikatan, jadi seorang freelancer adalah mereka yang mengikatkan diri pada kemampuan mereka sendiri dan tidak mempunyai ikatan dengan instansi manapun. Kebalikan dari status freelance tentu saja adalah karyawan. Seorang karyawan adalah tenaga yang mengikatkan diri pada satu institusi tertentu sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak.

Dengan melihat dua sisi ini jelas freelance memiliki kebebasan lebih dibanding mereka yang menjadi karyawan. Seorang freelance dituntut memiliki kemampuan dan daya juang melebihi mereka yang menjadi karyawan tetap. Satu lagi, meski kepastian keuangan dan kesejahteraan karyawan melebihi mereka yang freelance, perlu disadari seorang freelancer adalah mereka yang memperkaya diri sendiri sedang karyawan adalah mereka yang memperkaya pemilik modal. Antara status freelance maupun karyawan tetap sama-sama memiliki untung-ruginya sendiri. Yang jelas, saat ini status freelance sama bergengsinya dengan karyawan tetap namun tetapi seorang freelanche lebih bebas. Tertarik ke dunia freelance? ayoo coba

Sama seperti pekerjaan-pekerjaan lain, seorang freelane juga dituntut memiliki keahlian, asal anda tahu syarat jadi seorang freelance lebih berat dibanding karyawan, berikut adalah syarat yang harus dimiliki seorang freelanche:

  1. Miliki Skill lebih. Jelas ini merupakan tuntutan yang tak bisa dibantah lagi bagi seorang freelancer. Skill lebih ini tidak hanya meliputi kemampuan tehnis, melainkan daya fleksibilitas. Seorang freelancer pada dasarnya menjadi marketing diri sendiri, maka tidak boleh memiliki kemampuan yang kaku, susah untuk berubah mengikuti tuntutan pasar. Kemampuan lain yang harus dimiliki seorang freelancer adalah kepiawaian membaca peluang pasar.
  2. Miliki perangkat. Perangkat atau peralatan sendiri adalah satu hal yang tidak bisa dilepaskan seorang freelancer. Berbeda dengan mereka yang menjadi karyawan tetap yang semua kebutuhan peralatannya disediakan kantor (sebagai invetaris kantor), seorang freelancer harus memenuhi sendiri kebutuhannya akan peralatan.
  3. Miliki mental juara. Persiapan mental bagi seorang freelancer adalah mutlak. Kehidupan freelancer berbeda sekali dengan kehidupan seorang karyawan tetap. Freelance memiliki pasang-surut. Memiliki lebih banyak perjuangan dan kesusahan. Karena itu bila mental tidak dipersiapkan akan menimbulkan frustasi dan kekalahan.
  4. Miliki kepandaian mengatur keuangan. Dikarenakan pendapatan yang tidak pasti, seorang freelancer dituntut memiliki kepiawaian mengelola keuangannya. Dia harus mampu memilih waktu kapan membelanjakan uang, bagaimana mengalokasikan royalty atau pendapatan.
Yang paling penting bagi seorang freelance adalah

Koneksi Internet

Sebagai freelancer modern, teman-teman wajib punya koneksi internet. Kenapa? karena hal ini akan sangat mempermudah kita untuk memperluas jaringan (networking), menjual produk, dan tentu saja mempromosikan diri. Kita dapat menggengam dunia hanya dengan menggunakan mouse dan keyboard. Lalu koneksi mana yang akan kita pilih? saat ini banyak provider yang selalu memberikan janji-janji marketing yang pada akhirnya membuat kita bingung. Saran saya si, teman-teman HARUS googling untuk mengetahui
kelebihan dan kekurangan dari hasil ulasan teman-teman di internet. Saya saat ini menggunakan Speedy office hampir 1 tahun dan alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan lancar, walau kadang putus koneksinya tapi masih dalam taraf wajar.

    Share this post
    • Share to Facebook
    • Share to Twitter
    • Share to Google+
    • Share to Stumble Upon
    • Share to Evernote
    • Share to Blogger
    • Share to Email
    • Share to Yahoo Messenger
    • More...

    2 comments

    :) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

     
    © 2011 Blog Banten
    Designed by Blog Thiet Ke
    Posts RSSComments RSS
    Back to top